BELAJAR PEMBELAJARAN

INOVASI DALAM PROSES PEMBARUAN 

A. Inovasi Belajar dan Pembelajaran 
Inovasi pembelajaran merupakan sebuah upaya pembaharuan terhadap berbagai komponen yang diperlukan dalam penyampaian materi pelajaran berupa ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada para peserta didik dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berlangsung.

B. Karakteristik Inovasi 
- Keunggulan relatif ( Relative advantage )
- Kompatibilitas ( Compatibility )
- Kerumitan ( Complexity )
- Kemampuan diujicobakan ( Trialability )
- Kemampuan untuk Diamati ( Observasibility ) 

C. Quantum Teaching 
- Tumbuhkan : Menumbuhkembangkan minat belajar siswa. Guru bisa memberikan Video dan pertanyaan pemantik.

- Alami : Siswa harus mengalami sendiri atau siswa harus terlibat di dalam materi tersebut misal, membuat experimen.

- Namai : Guru mengenalkan konsep - konsep pembelajaran 

- Demontrasi : Guru bisa meminta siswa untuk menjelaskan kembali materi yang sudah diajarkan. Jika guru memiliki media pembelajaran bisa meminta siswa untuk mempraktekkan di depan.

- Ulangi : guru memberikan soal/pertanyaan sehingga siswa mengulang kembali materi yg sudah diajarkan

- Rayakan : Memberi penghargaan dan reward. Minimal memberikan pujian dan tepuk tangan.

D. Accelerated Learning 
- Kemampuan menyerap dan memahami konsep baru dengan cepat dan menguasai informasi tersebut.

- M-A-S-T-E-R

- Motivating Your Mind (Memotivasi Pikiran)

- Aquiring the Information (Memperoleh Informasi)

- Searching Out the Meaning (Menyelidiki Makna)

- Triggering the Memory (Memicu Memori)

- Exhibiting What You Know (Mempresentasikan Apa Yang Anda Ketahui)

- Reflecting How You've Learned (Merefleksikan Bagaimana Anda Belajar)

E. Cooperative dan Competitive Learning 
- Kooperatif: adanya tujuan dan saling ketergantungan (kerja kelompok misal, mengikuti lomba harus bekerja sama)

- Kompetitif: adanya tujuan tapi tidak ada ketergantungan (kompetisi antar individu misal, ingin menjadi juara rangking 1 di kelas, berlomba tapi individu tidak berkelompok)

- Individualistic: tidak adanya tujuan dan tidak ada saling ketergantungan antar Individu.

F. BEBAS (Belajar Berbasis Aneka Sumber)
Suatu bentuk belajar yang menggunakan berbagai macam bentuk sumber, guru bukanlah satu satunya sumber belajar.

1. Mengidentifikasi pertanyaan dan permasalahan

2. Merencanakan dan mencari informasi

3. Mengumpulkan informasi

4. Menggunakan informasi

5. Mensintesa informasi

6. Evaluasi

G. Contoh Inovasi Belajar di Era Digital
- Penggunan aplikasi untuk tatap muka virtual seperti Zoom, Google Meet, dsb

- Pembuatan media pembelajaran berbasis digital seperti edit video menggunakan Powtoon

- Integrasi teknologi dalam evaluasi pembelajaran seperti aplikasi Kahoot, Quizziz

Komentar