APRESIASI ANAK DI SEKOLAH DASAR
A. Pengertian Apresiasi Sastra Anak
• Penghargaan • Pemahaman
• Pengertian. • Penilaian, penafsiran
B. Pengertian Lainnya
• Kesadaran terhadap nilai-nilai seni dan budaya
• Penilaian (penghargaan) terhadap sesuatu
• Kenaikan nilai barang karena harga pasarnya naik atau permintaan akan barang itu bertambah
C. Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah. Dasar
Bertujuan agar siswa mampu memahami, menikmati dan memanfaatkan karya sastra guna mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, meningkatkan kemampuan, dan kemampuan berbahasa.
D. Bagaimana Menciptakan Pembelajaran Sastra Anak yang Menyenangkan untuk Anak SD?
• Imajinasikan proses dan puisi yang anda baca
• Cari tahu tentang tokoh sastra
• Buatlah diskusi untuk apresiasi sastra
• Bacalah karya sastra dengan mendengarkan musik
• Buatlah catatan pemaknaan dan kritik karya sastra
E. Faktor yang Paling Penting dalam Mengapresiasi Sastra Adalah Kemampuan membaca. Untuk mengaparesiasi sebuah karya sastra, perlu dilakukan pengamatan, penilaian, dan pemberian penghar- gaan terhdap karya.
F. Berikut Dijelaskan Tahap-Tahap untuk Mengapresiasi Sastra
• Tahan mengenal dan menikmati yaitu tindakan berupa membaca, melihat atau menonton, dan mendengarkan suatu karya sastra.
• Tahap menghargai yaitu merasakan kegunaan atau manfaat karya sastra, misalnya memberikan kesenangan, hiburan, kepuasan, serta memperluas pandangan hidup.
• Tahap pemahaman yaitu berupa melakukan tindakan meneliti serta menganalisis unsur- unsuryang membangun karya sastra, baik unsur instrinsik maupun unsur ekstrinsik.
• Tahap penghayatan yaitu membuat interpretasi atau penafsiran terhadap karya sastra.
• Tahap aplikasi atau penerapan yaitu. mewujudkan nilai-niali yang diperoleh dalam karya sastra.
G. Definisi Penilaian Sastra
Penilaian adalah proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka atau deskripsi verbal), analisis, dan interpretasi untuk mengambil keputusan.
H. Kegiatan Menilai atau Penilaian Terhadap Karya Sastra
• Tingkat Menggemari: yaitu adanya keterlibatan batin yang belum kuat dari pembaca. Pembacabaru sebatas gemar, yaitu senang membaca terhadap karya sastra, tetapi belum sampai pada pembacaan yang intens.
• Tingkat Menikmati: yaitu pembaca sudah mulai intens membaca dan menikmati karya sastra.
Kedua tahap ini merupakan tingkat kegiatan menilai yang di lakukan oleh pembaca pasif.
• Tingkat Mereaksi: yaitu sikap kritis pembaca terhadap karya sastra. Artinya, pada tahap ini, selain pembaca menikmati karya sastra yang dibaca, pembaca sudah mulai bisa menilai, mengenai baik buruk, indah tidak indah, menarik tidak menarik dan kekurangan dan kelebihan dari sebuah karya sastra.
Komentar
Posting Komentar